RSS

Bukit Batu, Tempat Wisata ber Nuansa Magis di Kalimantan Tengah

Bukit Batu adalah salah satu objek wisata yang dapat anda kunjungi di Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Nama Bukit Batu memang tidak sepopuler Trip Orangutan di mata wisatawan, tetapi merupakan salah satu tujuan rekreasi yang cukup familiar khususnya bagi masyarakat yang tinggal di Kabupaten Katingan serta Palangkaraya dan sekitarnya. Bahkan lokasi objek wisata yang berada di tepi jalan raya ini menjadi salah satu tempat persinggahan favorit pengendara lintas kota dan provinsi untuk melepas letih selama perjalanan.
Beberapa tempat yang di anggap sakral
Objek Wisata Bukit Batu berada di Kabupaten Katingan tepatnya berada sekitar 70 km dari kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Sesuai dengan namanya, Bukit Batu merupakan bukit kecil dimana terdapat bongkahan-bongkahan batu besar yang  di antaranya menurut masyarakat sekitar merupakan tempat orang sakti melakukan semedi (bertapa) salah satunya adalah Tjilik Riwut. 
Batu-batu Besar dengan riwayatnya sendiri
Di Bukit Batu, Nuansa magis terasa sangat kental. Kain-kain kuning yang di balutkan pada altar, atau pohon tertentu menunjukan bahwa tempat tersebut bersifat sakral. Selain pengunjung yang datang untuk berwisata, tempat ini juga kerap didatangi oleh mereka yang akan berdoa (memohon hajat).

Beberapa batu/tempat di kawasan ini  di yakini memiliki penunggu dan bertuah seta memiliki sejarah tersendiri di antaranya :

Batu Kamiak, tempat burung kamiak/tambul anak bertengger untuk menjaga alam sekitarnya.
Batu Tingkes, tempat orang yang ingin mengetahui nasib dan kehidupannya apabila dapat masuk dan keluar Batu Tingkes maka kehidupannya akan bahagia dan sebaliknya bila gagal maka hidupnya akan menderita.
Batu Gaib, tempat roh halus yang suka menolong manusia sewaktu kesusahan.
Batu Dewa, tempat roh khayangan, apabila berjodoh maka orang tersebut dapat menjadi paranormal.
Batu Keramat, mempunyai hubungan dengan riwayat kehidupan Tjilik Riwut.
Batu Raja, mempunyai nilai yang paling istimewa, apabila seseorang pemimpin mendapatkan batu ini ia akan bersifat adil dan bijaksana.
Batu Darung Bawan, orang yang gagah berani dalam membela kebenaran setingkat dengan Bandar Rambang. Mereka orang gaib sebagai penghuni Bukit Batu Manuah.
Batu Sial, tempat orang membuang sial.
Salah satu batu/tempat yang di percaya mengandung kekuatan gaib
Untuk menuju lokasi, rute yang di ambil adalah menuju Kabupaten Katingan, arah yang sama jika hendak menuju Kota Sampit. Lama perjalanan jika berangkat dari kota Palangkaraya berkisar 1,5 jam yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat, namun untuk transportasi umum sepertinya belum sering digunakan sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi atau carter.
Pendopo Bukit Batu
Bukit Batu Katingan di kelola oleh Disporbudpar Kabupaten Katingan, untuk masuk kawasan ini setiap pengunjung akan dikenakan biaya retribusi Rp 2000,- per orang dan di kenakan biaya tambahan Rp. 1000,- untuk yang menggunakan sepeda motor. Beberapa fasilitas yang tersedia di objek wisata ini antara lain, mini kios yang menyediakan makanan dan minuman, kamar mandi dan toilet, area parkir, serta sebuah pendopo. Di beberapa titik juga telah di sediakan tempat sampah bagi pengunjung untuk menjaga area ini tetap bersih. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Comments
0 Comments

0 komentar: