RSS

Potensi Pulau Telo Sebagai Objek Wisata

Pulau Telo adalah nama tiga pulau (delta) yang terletak di terletak di kecamatan Selat kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah. Nama telo kemungkinan di ambil dari bahasa setempat (telo = tiga) karena ada tiga pulau yang berdekatan. Saat pertama kali merantau menginjakan kaki di Pulau Telo, yang terlintas adalah tempat ini sebenarnya bisa menjadi objek wisata yang cukup menarik jika di kelola dengan serius. Potensi pulau-pulau ini untuk di kembangkan menjadi tujuan wisata sangat terbuka lebar. 
objek wisata pulau telo
Pulau Telo, Kapuas
Jika ketiga pulau ini di kembangkan sedikit banyak perekonomian dan perkembangan desa Pulau Telo yang berada tidak jauh dari lokasi akan turut terangkat.  Desa yang Menurut data Wikipedia memiliki luas kurang lebih 25,80 km² dengan jumlah penduduk pada tahun 2007 berjumlah  4.110 jiwa (2007) dan kepadatan penduduk 159,30 jiwa/km² sebagian besar masyarakatnya merupakan petani dan nelayan tradisional, sebagian lagi mencari nafkah dengan berjualan/berdagang.

Lokasi Pulau Telo, Kapuas
Jembatan Pulau Telo, Kapuas
Vegetasi mangrove yang masih bagus, satwa-satwa seperti burung, reptil dan serangga serta beragam kupu-kupu bisa di kembangkan sebagai objek wisata alam, lokasinya yang bertepatan di tengah sungai kapuas juga memungkinkan pulau ini untuk dikembangkan potensi wisata airnya melalui beragam permainan seperti banana boat, jet ski dan berbagai permainan lainnya. 

Di salah satu pulau di bagian tengahnya terdapat areal kosong yang pernah di tanami padi, di areal ini jika di kelola bisa di kembangkan sebagai tempat wisata pendidikan bagi anak-anak untuk belajar cara bertani. Sisanya cukup menambahkan area bermain serta tempat beristirahat maka dan beberapa fasilitas penunjang seperti toilet dan sarana ibadah di jamin pulau ini akan menjadi tujuan objek wisata baru yang menarik khususnya di Kapuas. 

Sebenarnya potensi Pulau Telo sudah dilirik oleh dinas Pariwisata kabupaten Kapuas. Menurut warga setempat tim kecil dari Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas pernah melakukan survei ke Pulau Telo  kecamatan Selat pada Februari 2012 lalu. Berdasarkan survey tersebut Dinas Pariwisata rencananya akan membangun Gazebo di salah satu Pulau Telo.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Comments
1 Comments

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai tempat-tempat wisata,ingin tahu lebih banyak lagi tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai itu yang bisa anda kunjungi di Explore Indonesia