RSS

Tahura Sultan Adam, Tujuan Rekreasi Akhir Pekan

Apa kabar sahabat merantau ?, semoga semuanya sehat dan senantiasa berbahagia. Jika kemaren saya cerita tentang kehidupan masyarakat di desa nelayan kuala lupak yang nyaris terisolir maka kali ini kita akan menuju salah satu tujuan rekreasi favorit masyrakat Kalsel di akhir pekan khususnya mereka yang tinggal di kawasan Banjarmasin dan sekitarnya yaitu Tahura Sultan Adam.
Lokasi sepi di mandiangin
Spot bersantai di Tahura Sultan Adam
Tahura Sultan Adam (Mandiangin) merupakan Taman Hutan Rakyat terluas ke 7 se-Indonesia dengan luas mencapai 112.000 Ha yang mencakup wilayah Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. 

air terjun mandiangin
Menikmati Sejuknya Mata Air
Kawasan Wisata Tahura Sultan Adam, Mandiangin boleh dibilang salah satu objek wisata alam terdekat yang bisa dituju oleh masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya. Sehingga tidak heran tempat ini jarang sepi dari pengunjung khususnya ketika akhir pekan. Mereka yang datang kesini memiliki beragam tujuan ada yang sekedar ingin rekreasi, penelitian, hingga reuni. 
hari yang ramai di tahura mandiangin
Kegiatan di Plaza Tahura Sultan Adam Mandiangin
penangkaran menjangan di tahura
Penangkaran Kijang di Mandiangin

Fasilitas objek wisata inipun lumayan lengkap, mulai dari warung-warung yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman, plaza untuk beragam kegiatan, arena permainan outbond serta arena bermain biasa. Adanya lapangan untuk kegiatan perkemahan serta kegiatan di alam terbuka membuat Tahura Mandiangin sangat dikenal oleh Komunitas Pecinta Alam, Pramuka, serta PMR. Di kawasan ini juga ada penangkaran Kijang (Montiacus muntjak) jadi bisa menjadi tempat edukasi bagi putra-putri anda mengenai hewan yang kini mulai langka tersebut.
macam anggrek di mandiangin
Anggrek di Tahura Mandiangin
Selain bisa bersantai dan menikmati berbagai permainan di arena outbond, pengunjung bisa menikmati kesegaran mata air alam di air terjun atau bercebur langsung di Kolam Belanda. Bagi yang gemar berfoto, sudut-sudut tahura dengan keindahan panoramanya akan mengubah anda menjadi "model" dadakan. 
anakan anggrek
Anggrek yang tumbuh di pepohonan di Tahura
Salah satu jenis anggrek yang ada di Mandiangin
Jika beruntung pengunjung Taman Hutan Rakyat Mandiangin juga bisa menikmati keindahan bunga beragam jenis anggrek di kawasan ini. Umumnya anggrek-anggrek alam tersebut tumbuh di dahan-dahan pepohonan yang dibawahnya mengalir mata air (sungai kecil). Beberapa jenis anggrek yang bisa ditemukan di Mandiangin antara lain Dendrobium secundum, Dendrobium crumenatum, Cymbidium, Aerides dan jenis lainnya.

Untuk Menuju objek wisata ini sangat mudah, gunakan saja transportasi darat baik roda dua maupun roda 4, ambil rute menuju arah Banjarbaru, pada perempatan bundaran Banjarbaru ambil jalan lurus arah yang sama jika hendak menuju Aranio (waduk riam kanan). Di pertigaan akan ada pelang dengan tulisan objek wisata Tahura Mandiangin di sebelah kanan, masuk dan lurus saja sampai ketemu portal yang dijaga petugas retribusi. Cukup dengan membayar uang masuk Rp. 2500,- untuk sepeda motor dan Rp. 5000,- mobil maka anda sudah bisa bersantai di tempat wisata ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Comments
0 Comments

0 komentar: