RSS

Kehidupan Kampung Nelayan Kuala Lupak, Kalsel

Sebuah perjalanan darat yang cukup panjang dan melelahkan, melewati jalan-jalan labil dan sempit serta jembatan-jembatan yang nyaris putus akhirnya mengantarkan saya ke sebuah perkampungan nelayan desa Kuala Lupak. Sebuah pengalaman yang lagi-lagi sulit untuk di lupakan di antara daftar pengalaman menjelajahi berbagai tempat menarik di Kalimantan.
alat tangkap ikan tradisional
Melunta adalah Salah Satu Cara Nelayan menangkap Ikan

Menu Kepiting Goreng
Kepiting Goreng


hidangan di desa
Menu makan ala pedesaan di Kuala Lupak
Desa Kula Lupak masih minim dari sentuhan modernisasi mungkin jarak yang sangat jauh dari pusat kabupaten mungkin menjadi salah satu faktor lambatnya perkembangan di desa ini. Secara administratif Kuala lupak termasuk dalam wilayah kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Posisi desa Kuala Lupak berada di muara sungai yang berbatasan dengan laut jawa, mungkin karena faktor itu pula sebagian besar masyarakat di desa ini berprofesi sebagai nelayan.
cara menangkap ikan di laut
Hasil tangkapan nelayan tradisional Kuala Lupak
jenis-jenis hewan yang hidup di hutan mangrove
Fauna yang hidup pada tumbuhan Mangrove
Hewan yang hidup di mangrove
Fauna khas kawasan mangrove
Kehidupan sederhana, jauh dari hiruk pikuk perkotaan akan menyambut setiap pengunjung yang mampir di desa ini.  Rumah-rumah yang terbuat dari kayu tampak berjejer membelakangi sungai besar dimana perahu-perahu nelayan biasanya ditambatkan. Vegetasi khas muara  berupa tumbuhan mangrove dengan berbagai jenis faunanya menjadi pemandangan umum.
Ikan kering hasil olahan nelayan kuala lupak
udang kering asal kuala lupak
Udang kering produksi nelayan Desa Kuala Lupak
produksi ikan asin kuala lupak
Ikan asin produksi nelayan tradisional Kuala Lupak
Meski laut Indonesia menyimpan kekayaan alam yang luar biasa, faktanya kehidupan nelayan desa Kuala Lupak masih jauh dari berkecukupan. Kesahajaan hidup mehindarkan mereka dari sifat tamak dan egois dalam mengais rejeki dari kekayaan alam perairan. Sayang kearifan lokal masyarkat nelayan ini seakan di lucuti dengan masuknya program pembukaan lahan tambak secara besar-besaran. Padahal hutan mangrove yang berada di Kuala Lupak merupakan kawasan konservasi sumber daya alam yang di lindungi oleh undang-undang.
manfaat Belangkas
Belangkas salah satu fauna khas perairan di hutan mangrove
hewan yang hanya memiliki satu pasangan
Belangkas Pasangan Monogami
Pembukaan lahan tambak serta kelangkaan bahan bakar solar beberapa waktu lalu merupakan pukulan berat bagi nelayan tradisional Kuala Lupak. Kondisi tersebut tak pelak membuat sebagian nelayan "nekat" meninggalkan pekerjaan yang telah dilakoni sejak lama bahkan telah menjadi tradisi turun temurun di keluarga mereka. Pilihan tersebut mereka ambil lantaran semenjak pembukaan lahan tambak hasil tangkapan mereka menurun drastis. Hal tersebut tentu masuk di akal, pembukaan areal tambak telah melenyapkan ratusan hektar mangrove yang merupakan tempat ikan-ikan bertelur, berlindung serta mencari makan.
desa kuala lupak
Suasana Desa Kuala Lupak
kediaman kepala desa kuala lupak
Kepala Desa Kuala Lupak bersama Admin Merantau dan kawan-kawan
Cerita para nelayan tradisional Kuala Lupak ini membuat hati saya tersentuh, namun apa daya tidak banyak yang dapat saya perbuat untuk membantu mereka. Semoga pemerintah daerah dan instansi terkait bisa membaca tulisan ini dan dapat memikirkan solusi untuk membantu meringkankan beban mereka.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Comments
0 Comments

0 komentar: